Artikel

DESA BELO GENGGAM PREDIKAT BAIK DALAM VERIFIKASI LAPANGAN DUA PILAR STBM

23 Juli 2022 00:11:14  Administrator  213 Kali Dibaca 

Camat Palibelo Drs Darwis Dan Kades Belo Akhmad F serta Kepala Pkm Palibelo, Babinsa dan babinkantibmas menyambut kedatangan tim Verifikasi STBM Provinsi NTB di Desa Belo Palibelo Kabupaten Bima . Penyambutan ini dalam rangka verifikasi 2 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Jumat (22/07/2022).

Dalam kesempatan ini, Camat Palibelo Drs Darwis, menyampaikan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan program dengan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi berbasis pemberdayaan masyarakat. Program ini lebih fokus pada perubahan perilaku bukan pada pembangunan sarana dan prasarana. Dan insya allah kita akan melanjutkan menuju ke 5 pilar.

“2 Pilar STBM yang menjadi tolok ukur adalah 1. Tidak Buang Air Besar Sembarangan, 2. Cuci Tangan Paki Sabun (CTPS),” katanya.

Kepala PKM palibelo juga mengatakan, dalam rangka verifikasi 2 Pilar STBM di Desa Belo, bertujuan  agar pembangunan sanitasi mencapai hasil yang maksimal, khususnya pemenuhan target universal access sanitasi. Untuk itu, perlu melibatkan semua pihak dari pemerintah, masyarakat maupun pihak swasta untuk melakukan sinkronisasi dilakukan dengan melihat langsung pelaksanaan 2 Pilar STBM.

“Berdasarkan data hasil verifikasi STBM 2 Pilar Desa Belo sudah berada pada posisi terbaik, maka dari itu kita dan semua pihak akan mengajukan verifikasi 5 Pilar STBM.  Hal ini sesuai prosedur verifikasi bertahap, dan untuk melengkapi persyaratan administrasi dan dokumentasinya. Hasil verifikasi dari 5 Pilar akan menjadi bagian dalam penilaian STBM berkelanjutan,” jelas Kepala pkm Palibelo.

“Kegiatan STBM desa Belo Kecamatqn Palibelo sudah dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan. Diawali dengan terwujudnya desa bebas ODF menjadi Desa ODF (Open Defection Free) yang merupakan pernyataan bahwa tidak ada lagi masyarakat Desa Belo yang buang air besar sembarangan,” ungkapnya lebih lanjut.

Akhmad Fansuri Kades Belo memastikan untuk Desa Belo telah memenuhi 2 (dua) pilar kesehatan. "Desa Belo Palibelo berdasarkan hasil pantauan dan data kami telah melampaui 2 (dua) pilar bahkan kami sedang menggenjot untuk menuju 5 (lima) pilar kesehatan" ungkap Kades Belo dihadapan tim Verifikasi STBM Propinsi NTB saat mendampingi dilapangan.

Sedangkan Tim Verifikator terdiri dari koodinator Tim Verifikasi STBM Provinsi NTB Lalu Aang Kunaefi, S, Km , Dinas Kesehatan Kabupaten Bima menyatakan saat rapat evaluasi bersama dengan pemerintah Desa, BPD, Kader, PKK danTokoh Masyarakat di Kantor Desa Belo tentang hasil evaluasi lapangan dinyatakan baik.(Red)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 PETA DESA

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

kabupaten Bima
media kabardesa ntb bima satu data
media sekilas info
media tujuh detik

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Syekh Subuh Palibelo
Desa : Belo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 085339132347
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:193
    Kemarin:1.329
    Total Pengunjung:335.445
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.175.145
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

 Daftar Nama KPM Penerima BLT DD Desa Belo tahun 2022

 Data Suplement