Artikel

PEMBANGUNAN GUDANG GARAM RAKYAT DI DESA BELO DONGKRAK PERBAIKAN EKONOMI PETANI GARAM

05 Juni 2022 13:45:13  Administrator  192 Kali Dibaca 

Program pembangunan gudang garam rakyat adalah program pemberdayaan dalam rangka peningkatan pendapatan masyarakat/kelompok tani garam. Kondisi ini sangat beralasan dikarenakan produksi garam rakyat perlu disiapkan ruang/gudang penampungan agar petani/kelompok tani garam dapat menyimpan dengan aman sebelum garam diangkut/diambil oleh pembeli atau perusahaan.

Kelompok petani garam yang ada didesa Belo dengan tingkat produksi yang tinggi menyebabkan terkendala pada gudang penampungan yang masih kurang memadai. Terkait hal tersebut lewat program pembangunan gudang garam rakyat perlu dimaksimalkan baik itu gudang garam secara pribadi maupun secara kelompok. 

Upaya yang dilakukan pemerintah Desa Belo melalui Pemerintah Propinsi NTB Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi NTB berusaha menjawab dengan melaksanakan pembangunan Gudang Garam untuk Petani garam di So Pali Da sebanyak 2 lokal dari DKP Propinsi NTB dan dilaksanakan oleh Pihak ke-tiga, yang sebelumnya juga di tahun 2021 sudah dibangun satu gudang garam di So Pali Di lewat PUGAR anggaran Pusat. Adapun lahan yang dipakai adalah lahan yang disediakan oleh salah satu anggota kelompok tani garam untuk dipakai membangun.

Kades Belo Akhmad Fansuri yang berada pada lokasi pembangunan Gudang pada hari Minggu, 05 Juni 2022 menyampaikan terima kasih kepada Pemerinta Propinsi NTB melalui Dinas Kelautan dan Periklanan NTB atas dilaksanakannya pembangunan gudang garam didesa Belo. "saya ucapkan terima kasih kepada DKP Propinsi NTB dengan program ini dan tentunya sangat bermanfaat baik untuk peningkatan pendapatan masyarakat tani garam di Desa Belo" ungkap Akhmad Fansuri.

Lahan tani tambak dan garam yang ada di desa Belo mencapai 140 Ha memberikan ruang bagi pengembangan ekonomi baik melalui budidaya bandeng maupun pengembangan usaha garam. Untuk usaha garam rakyat perlu dilakukan upaya-upaya inovatif lagi demi meningkatkan kualitas garam maupun kuantitas sehingga Desa Belo menjadi desa yang bisa diunggulkan dalam pengelolaan usaha garam rakyat.

"Kami sangat berharap sinergitas program dari Dinas terkait dalam rangka memakmurkan masyarakat tani garam dan tambak pada umumnya melalui program-program inovasi untuk desa Belo seperti Kampung Garam dan Bandeng" lanjut Akhmad Fansuri berharap.

red.@f

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 PETA DESA

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

kabupaten Bima
media kabardesa ntb bima satu data
media sekilas info
media tujuh detik

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Syekh Subuh Palibelo
Desa : Belo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 085339132347
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:183
    Kemarin:1.329
    Total Pengunjung:335.435
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.71.222.166
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

 Daftar Nama KPM Penerima BLT DD Desa Belo tahun 2022

 Data Suplement