Artikel

Asisten 1 Setda Bima Canangkan Desa Belo-Palibelo sebagai Desa Cinta Statistik (Cantik) di Kabupaten Bima

28 Agustus 2024 20:16:10  Administrator  167 Kali Dibaca  Berita Desa

wartadesabelopalibelo-Pencanangan Desa Belo-Palibelo sebagai Desa Cinta Statistik (Cantik) yang mewakili Kabupaten Bima pada ajang Program Desa Cinta Statistik pada seluh Kota dan Kabupaten diseluruh Indonesia. Pencanangan dilaukan pada hari ini Rabu 28 Agustus 2024 yang berlokasi diAulaKantor Desa Belo Kecamatan Palibelo. Hadir dalam acara pencanangan tersebut adalah Bupati Bima yang diwakili  Asisten 1 Setda Bima Bapak Fatahullah, S.Pd, Kabid Sosbud Bappeda Bima, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Bima, Kepala BPS Kabupaten Bima, Kabag Tatapem Setda Bima, Unsur OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, Camat Palibelo, Kades Belo, BPD, Perangkat Desa, Agen Statistik bersama tokoh masyarakat, tokoh agama dan Tokoh Wanita.

Kepala BPS Kabupaten Bima dalam sambutannya menyampaikan bahwa Evaluasi Desa Cinta Statisti (Cantik) di Kabupaten Bima telah melalui tahapan termasuk melakukan koordinasi dengan Dinas PMDes Kabupaten Bima sehingga kami mengusulkan Desa Belo-Palibelo sebagai perwakilan Kabupaten Bima untuk Program Desa Cinta Statistik.

"Penetapan Desa Belo-Palibelo untuk menjadi Desa Cantik telah melalui tahapan dan hasil konsultasi kami dengan DMPDes Kabupaten Bima sehingga Desa Belo-Palibelo menjadi bagian dari 502 Desa Cantik diseluruh Indonesia berdasarkan SK. BPS Pusat Nomor 352 Tahun 2024" Ungkap Kepala BPS Kabupaten Bima Muhammad Jupri Sardi, S.ST

"Upaya yang akan kami lakukan adalah melakukakan pembinaan terhadap perangkat desa agar lebih memahami manajemen pendataan dan data statistik skala desa sehingga adanya kemandirian desa dalam melakukan pendataan dan pengolahan data untuk lebih teraranya perencanaan dan penganggaran di desa" lanjut beliau.

Bupati Bima yang diwakili oleh Asisten 1 Setda Kabupaten Bima Fatahullah, S.Pd dalam sambutannya menekankan pentingnya penguatan data di desa sehingga bisa dijadikan sedabagai Satu Data Desa di Indonesia.

"Penguatan data didesa adalah hal yang penting untuk terus dilakukan Back Up sehingga postur data selalu mengalami perubahan. Hal ini sangat penting untuk memastikan kebenaran data dalam melakukan perencanaan dan penganggaran di Desa" tandas Fatahullah, S.Pd

"Saya berharap dengan dicanangkannya Desa Belo sebagai Desa Cantik, akan menjadi rool model bagi desa diKabupaten Bima untuk pengelolaan dan pemanfaatan data dengan baik dan menjadikan Satu Data Desa di Indonesia" lanjutnya.

Kades Belo Akhmad Fansuri menyampaikan apresiasi terhadap terpilihnya Desa Belo sebagai Desa Cinta Statistik mewakili Kabupaten Bima Tahun 2024. Untuk mendukung kegiatan Desa Cantik, Pemerintah Desa Belo telah menetapkan Agen Statistik Desa yang akan membantu dalam pendataan, analisis data dan sebagai garda terdepan untuk publikasi data.

Pencanangan yang diawali dengan penyambutan oleh tarian bongi monca dan pengalungan selempang khas bisa yang dilakukan oleh Kades Belo kepada Asisten 1 Seetda Bima. Selama acara berlangsung ditandai juga dengan Pemukulan Gong pertanda dimulainya pencanangan Desa Belo Sebagai Desa Cantik Kabupaten Bima Tahun 2024 serta Penandatanganan Piagam Desa Cantik dan Pengukuhan Agen statistik Desa

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 PETA DESA

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

kabupaten Bima
media kabardesa ntb bima satu data
media sekilas info
media tujuh detik

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Syekh Subuh Palibelo
Desa : Belo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 085339132347
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:991
    Kemarin:570
    Total Pengunjung:334.914
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.175.4
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

 Daftar Nama KPM Penerima BLT DD Desa Belo tahun 2022

 Data Suplement