Artikel

Penerapan Website SID dan Command Center, Pemdes Belo dan Tonggondoa Lakukan Study Tiru

25 Mei 2024 17:18:52  Administrator  324 Kali Dibaca  Berita Desa

wartadesabelopalibelo-Dalam mendukung Program NTB Satu Data dan Bima Satu Data, Pemerintah Desa Belo dan Desa Tonggondoa Kecamatan Palibelo melakukan Studi Tiru Tata Kelola Pemerintahan Desa melalui Sistem Informasi Desa (SID) dan Command Center di Desa Rarang Selatan Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur pada hari Sabtu dan Minggu (24-25/5/2024). Rombongan terdiri dari Kades Belo, Kades Tonggondoa, Sekdes Belo, Sekdes Tonggondoa dan Ketua ForSID Kabupaten Bima dan diterima langsung oleh Kades Rarang Selatan dan seluruh stafnya.

Dalam kesempatan itu Muhammad, S.Pd selaku Kasipem Desa Rarang Selatan yang sekaligus Operator SID serta sebagai Ketua ForSID Kabupaten Lombok Timur paparkan tentang pengelolaan SID dan Keunggulan SID dalam tata kelola pemerintahan desa lebih khusus administrasi desa.

"Aplikasi Sistim Informasi Desa (SID) mempunyai banyak keunggulan dalam pengelolaan data dan informasi yang dibutuhkan oleh Pemerintah Desa" ungkap Muhammad, S.Pd.

"Penerapan SID dan Command Center di Desa memang menjadi sesuatu yang urgen bagi pemerintah Desa untuk memastikan tertatanya pengelolaan data dan Informasi di Desa yang lebih baik" ungkap Akhmad Fansuri Kades Belo.

"Insya Allah apa yang kami dapatkan ini akan kami aktualisasikan pada tingkat pemerintahan Desa Belo maupun Desa Tonggondoa Kecamatan Palibelo" lanjutnya.

Beberapa Fitur dalam Website SID di kupas mulai dari penyempurnaan data kependudukan, Layanan Administrasi surat, data pembangunan, layanan informasi desa, aktualisasi peta dan banyak hal lainnya.

"Study Tiru ini adalah bentuk kesungguhan kami dalam melakukan pembenahan dan perbaikan tata kelola pemerintahan desa melalui SID dan Insya Allah akan kami terapkan di desa kami masing-masing" tandas Gufran, S.Sos Kades Tonggondoa.

Pemdes Belo diwakili oleh Kades Akhmad Fansuri dan Sekdes Ahmad Ahamid, S.Sos serta Pemdes Tonggondoa diwakili Kades Gufran, S.Sos dan Sekdes M.Salahuddin, S.Pd. serta Ketua ForSID Kabupaten Bima melakukan pendalaman terhadap cara kerja Aplikasi SID yang dipandu oleh Muhammad, SPd selaku Operator SID dan Ketua ForSID Kabupaten Lombok Timur.

Kades Rarang Selatan Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur ucapkan terima kasih atas kunjungan study Tiru yang dilakukan oleh pemerintah Desa Belo dan Desa Tonggondoa.

"Saya atas nama Pemerintah Desa Rarang Selatan sampaikan terima kasih atas kepercayaan Pemdes Belo dan Tonggondoa memilih desa kami untuk dijadikan study tiru penerapan SID, semoga silaturahmi ini tetap terjalin dan ada manfaatnya untuk pengembangan desa kita yang lebih baik" ungkap Herman Jayadi, S.Pd Kades Rarang Selatan Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur.

Ketua ForSID Kabupaten Bima Ibrahim MH, SE berharap agar Desa Belo dan Desa Tonggondoa akan menjadi Pilot Projek bagi desa-desa di Kabupaten Bima untuk penerapan SID dalam tata kelola pemerintahan desa yang lebih baik 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 PETA DESA

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

kabupaten Bima
media kabardesa ntb bima satu data
media sekilas info
media tujuh detik

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Syekh Subuh Palibelo
Desa : Belo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 085339132347
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.014
    Kemarin:570
    Total Pengunjung:334.937
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.134.213
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

 Daftar Nama KPM Penerima BLT DD Desa Belo tahun 2022

 Data Suplement