Artikel

PEMERINTAH KECAMATAN PALIBELO ANTISIPASI PENANGGULANGAN PENYAKIT RABIES DENGAN RAPAT KOORDINASI

26 April 2023 20:37:34  Administrator  132 Kali Dibaca  Berita Desa

Kabupaten Bima-wartadesabelo-Antisipasi kejadian merebaknya penyakit anjing gila (rabies) yang terjadi di Kecamatan Palibelo dilakukan dalam rapat koordinasi penanggulangan penyakit anjing gila di Aula Kantor Camat Palibelo pada hari rabu (26/4/2023) yang melibatkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bima, BNPB, Camat Palibelo, KUPT Peternakan, PKM Palibelo, Kapolpos, Danposramil, Kepala Desa se-Kecamatan Palibelo. 

Korban anjing gila yang terjadi di Kecamatan Palibelo dalam seminggu ini sebanyak 7 orang terdiri dari Desa Ntonggu 5, Desa Teke 1 orang dan Nata 1 orang. dan sudah ditangani secara medis oleh dinas terkait. 

Camat Palibelo Kumara Jaya S.STP, M.Si, saat memberikan sambutan menyampaikan terimakasih kepada tamu undangan yang berkesempatan hadir pada siang hari ini.Dalam kegiatan rapat ini menindak lanjuti kejadian 7 Warga di duga di gigit anjing Gila Rabies dan kejadian yang akhir-akhir ini terjadi di hampir seluruh desa di kecamatan palibelo.

“Mari kita bekerjasama yang baik untuk seluruh stakeholder sehingga untuk Kecamatan palibelo aman dari penyakit rabies,tetap berikan imbauan kepada masyarakat agar selalu waspada apabila terhadap anjing gila/ rabies.” jelasnya

Kadis Peternakan Dan Keswan Kabupaten Bima Ir. Indra Jaya menjelaskan,untuk saat ini kasus anjing gila di Palibelo saya harap bagaimana cara kita agar kejadian tersebut tidak sampai memakan korban lagi, ini membutuhkan peran serta dari kita semua.Mari kita tetap memberikan imbauan di tengah masyarakat terkait dengan cara penanggulangan dan pengendalian penyakit rabies tersebut.

Selanjutnya, Kades Belo Akhmad Fansuri menyarankan agar bapak kepala dinas Peternakan Kabupaten Bima membentuk tim satgas dan mendirikan Poskos Kecamatan karena ini merupakan kejadian luar biasa yang perlu kita waspadai bersama.

” Nantinya Tim satgas tersebut akan melaksanakan patroli di dalam desa- desa guna mengantisipas adanya anjing gila yang masih berkeliaran di tengah masyarakat. Kami akan terus Mendorong untuk segera di laksanakan vaksin rabies terhadap hewan peliharaan guna mencegah adanya virus rabies pada hewan tersebut.”tegasnya Kadis Peternakan Kabupaten Bima

Kepala UPTD Peternakan Palibelo Nurhaerani menjelaskan, terkait untuk vaksinasi hewan yaitu kami dari pihak Peternakan juga sudah melaksanakan penyuluhan keliling di desa desa terkait dengan penanganan awal korban gigitan hewan penular rabies.Bukan hanya anjing yang dapat menularkan rabies namun hewan lainya seperti kucing dan kera juga dapat menularkan rabies sehingga perlu kita waspadai bersama.

” Saya juga setuju untuk pembentukan Tim satgas penanggulangan rabies di tingkat kecamatan dan saya himbau juga agar orang tua untuk sementara tetap memberikan pengawasan kepada anak- anak apabila bermain di luar rumah.” ujarnya

red. 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 PETA DESA

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

kabupaten Bima
media kabardesa ntb bima satu data
media sekilas info
media tujuh detik

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Syekh Subuh Palibelo
Desa : Belo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 085339132347
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.091
    Kemarin:570
    Total Pengunjung:335.014
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.68.245.73
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

 Daftar Nama KPM Penerima BLT DD Desa Belo tahun 2022

 Data Suplement