Artikel

PEMDES BELO-PALIBELO DUKUNG TERTIBKAN ADMINISTRASI PERTANAHAN

25 Februari 2023 10:47:23  Administrator  262 Kali Dibaca  Berita Desa

wartadesabelo

Pemerintah Desa Belo Kecamatan Palibelo dalam mendukung penertiban administrasi pertanahan yang ada didesa, selalu menggandeng pihak Badan Pertanahan National (BPN) Kabupaten Bima untuk memastikan baik secara administrasi maupun luas dan letak tanahnya warga agar tidak ada kesalahan dikemudian hari. 

Pengecekan berkas dan pengukuran dilakukan pada hari kamis (23/2/2023) yang dilakukan di Kantor Desa Belo dan lokasi lahan yang diukur. 

Akhmad Fansuri Kades Belo yang mendampingi Tim saat itu mengharapkan agar langkah-langkah penertiban ini untuk memberikan kepastian hukum tentang kepemilikan hak atas tanah bagi masyarakat Desa Belo. 

"Langkah-langkah ini tentunya sebagai terobosan terhadap penertiban kaitan dengan data-data kepemilikan hak atas tanah di Desa Belo sehingga data ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam menetapkan perencanaan pembangunan di desa kedepannya" ungkap Akhmad Fansuri. 

Beberapa program sertifikasi dan pemetaan telah dilakukan di Desa Belo Kecamatan Palibelo namun langkah penguatan data lebih lanjut harus terus dilakukan tentunya harus bersinergi dengan BPN Kabupaten Bima. 

"Kita terus bangun kerjasama dengan BPN agar konstruksi data peta maupun kepemilikan hak atas tanah dapat diakses oleh Pemerintah Desa agar Desa dan BPN mempunyai informasi data yang sama" lanjutnya.

Kepemilikan sertipikat atas tanah di Desa Belo Kecamatan Palibelo sudah mencapai 89 % dari jumlah bidangan tanah yang ada sebanyak lebih dari 2000 bidangan yang meliputi areal persawahan, tambak, tegalan, pemukiman dan perkantoran. Hal inilah yang menyebabkan Pemerintah Desa fokus untuk melakukan penertiban baik tentang administrasi kepemilikannya maupun peta bidang yang disesuaikan dengan Nomor HM maupun Peta PBB di Desa Belo. 

red. @f

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 PETA DESA

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

kabupaten Bima
media kabardesa ntb bima satu data
media sekilas info
media tujuh detik

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Syekh Subuh Palibelo
Desa : Belo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 085339132347
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:687
    Kemarin:570
    Total Pengunjung:334.610
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.43.213
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

 Daftar Nama KPM Penerima BLT DD Desa Belo tahun 2022

 Data Suplement