Artikel

PETANI TAMBAK RUGI, PULUHAN HEKTAR TAMBAK DIDESA BELO-PALIBELO JEBOL AKIBAT AIR PASANG

14 Juni 2022 17:45:34  Administrator  177 Kali Dibaca 

Puluhan hektar tambak yang berlokasi di desa Belo Kecamatan Palibelo dalam beberapa hari terakhir ini mengalami banjir Rob akibat tingginya air pasang yang menyebabkan puluhan hektar tambak jebol pematangnya dan merugi.

Sekitar 100 orang petani tambak di Desa Belo mengeluhkan akibat naiknya air pasang sehingga menyebabkan tanggul tambak jebol sehingga bandeng dan garam ludes disapu banjir Rob. Kerugian petani diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. 

Hasil pantauan redaksi bahwa banjir Rob akibat banjir pasang telah terjadi beberapa hari terakhir ini dan mungkin masih akan terjadi dalam sehari dua hari kedepannya. Salah seorang petani tambak yang merugi akibat jebolnya tambak M. Jafar mengakui bahwa banjir rob yang terjadi sekarang ini lebih besar dibandingkan dengan tahun-tahun kemarinnya. "Tahun ini kami petani tambak mengalami kerugian baik bandeng maupun garam akibat banjir rob air pasang sehingga menyebabkan pematang tambak jebol" ungkap M. Jafar sembari pasrah melihat keadaan yang terjadi.

Ditanya tentang harapannya terkait adanya bencana rob yang melanda, M. Jafar berharap agar Pemerintah Daerah maupun Pusat melalui Dinas Perikanan dapat membantu agar tanggul pinggir sungai agar diperkuat. "Kami petani tambak berharap agar diperkuat tanggul dibantaran sungai dan meminta bantuan berupa bambu dan karung untuk memperkuat pematang yang sudah jebol sehingga kami dapat berusaha tambak kembali seperti semula" lanjutnya dengan penuh harap.

Kondisi banjir rob yang terjadi hari ini Selasa, 14 Juni 2022 bukan saja menjebol tanggul tambak petani garam tetapi juga meluap ke Areal Run way Bandar udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima dan sempat menggangu aktifitas di Bandara tersebut. Hasil pantauan juga bahwa saat lendingnya pesawat pun akhirnya ditunda sampai mengeringnya air dilandasan. Saat berita ini diturunkan aktifitas di Bandar udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima berangsur mulai normal kembali dan aktifitas pesawat sudah berjalan seperti biasanya.

red.@f

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 PETA DESA

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

kabupaten Bima
media kabardesa ntb bima satu data
media sekilas info
media tujuh detik

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Syekh Subuh Palibelo
Desa : Belo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 085339132347
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:221
    Kemarin:1.329
    Total Pengunjung:335.473
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:162.158.78.133
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

 Daftar Nama KPM Penerima BLT DD Desa Belo tahun 2022

 Data Suplement