Artikel

AKHMAD FANSURI DAMPINGI WARGA UNTUK RESTORATIVE JUSTICE

13 Maret 2022 23:18:49  Administrator  192 Kali Dibaca 

Keadilan restoratif adalah suatu metode yang secara filosofinya dirancang untuk menjadi suatu resolusi penyelesaian dari konflik yang sedang terjadi dengan cara memperbaiki keadaan ataupun kerugian yang ditimbulkan dari konflik tersebut.

Prinsip keadilan restoratif atau restorative justice merupakan alternatif penyelesaian perkara tindak pidana, yang dalam mekanisme (tata cara peradilan pidana) fokus pidana diubah menjadi proses dialog dan mediasi.

Upaya restorative justice bagian dari upaya yang dilakukan oleh pemerintah Desa Belo dalam melakukan pendampingan dan mengawal persoalan hukum khususnya persoalan pidana. Restorative justice yang digelar di Polres Bima yang melibatkan para pihak, Babinsa, Babinkantibmas, Kades Belo serta Polres Bima dilakukan pada hari Minggu 13 Maret 2022.

"Pendampingan restorative justice ini kami lakukan dalam membantu warga dalam proses dialog dan mediasi dari para pihak sehingga diharapkan dapat memperbaiki keadaan dari suatu permasalahan" ungkap Akhmad Fansuri Kades Belo

Aipda I Komang Sika, SH selaku Babinkantibmas sangat berharap dengan adanya restorative justice ini memberikan kemudahan dan keringanan melalui upaya-upaya dialog dan mediasi sehingga persoalan dapat terselesaikan secara baik serta bisa mengubah keadaan untuk tidak terulanginya lagi peristiwa hukum yang terjadi.

Setelah mendapatkan arahan dari Polres Bima maka para pihak menadatangani dokumen-dokumen pendukung untuk restorative justice yang juga turut ditandatangani oleh para saksi.

red.@f

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 PETA DESA

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

kabupaten Bima
media kabardesa ntb bima satu data
media sekilas info
media tujuh detik

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Syekh Subuh Palibelo
Desa : Belo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 085339132347
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:277
    Kemarin:1.329
    Total Pengunjung:335.529
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.43.53
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

 Daftar Nama KPM Penerima BLT DD Desa Belo tahun 2022

 Data Suplement