Artikel

ADVOKASI LABKD (Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa)

09 Juli 2021 15:13:03  Administrator  192 Kali Dibaca 

Kegiatan Advokasi LABKD (Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa) yang digelar pada hari Jumat, 09 Juli 2021 di aula Kantor Camat Bolo dihadiri oleh Camat Bolo Mardiana, SH. Disdukcapil diwakili oleh Muhammad Akhyar, SP, Ketua TP PKK Kec. Bolo, LPA NTB dan peserta dari desa seperti kepala Desa, PPKD, Pokja Adminduk, PKK Desa dan BPD. Dalam sambutannya Camat Bolo menyampaikan ucapan terima kasih kepada LPA NTB dan KOMPAK yang menginisiasi dan memfasilitasi program LABKD ini karena desa dan masyarakat akan merasa terbantu dengan kemudahan layanan Adminduk berbasis kewenangan desa.

 Kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh LPA NTB di Kecamatan Bolo akan berakhir di Desember 2021 sehingga diharapkan kaitan dengan penerapan LABKD betul-betul terealisasi mulai dari Perdes LABKDnya, Penganggaran dalam APBDes, PASH, sistim dan prosedur serta monitoring dan evaluasi. Akhmad Fansuri (Kades Belo)dalam penyampaiannya berharap dengan adanya LABKD ini maka pola pelayanan Adminduk di desa bisa semakin dimaksimalkan sehingga desa menjadi Desa yang tuntas Adminduk sekaligus akan menjadi contoh bagi desa-desa di kecamatan yang lainnya. 

Perda No. 01 Tahun 2021 tentang Pelayanan Adminduk di Kabupaten Bima mengisyaratkan tentang Kewenangan yang diberikan kepada Pemerintah desa untuk melakukan verifikasi dokumen oleh PPKD, penatausahaan Adminduk serta pencetakan Adminduk di Desa (seperti KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Keterangan Pindah) dan untuk KTP dan KIA dilakukan di Disdukcapil. "Kami sedang merancang PERBUB LABKD bersama pemerintah Daerah sehingga nanti dapat dijadikan pedoman pelaksanaan LABKD di tingkat Kabupaten maupun Desa" ungkap Akhyar, SP (Disdukcapil)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 PETA DESA

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

kabupaten Bima
media kabardesa ntb bima satu data
media sekilas info
media tujuh detik

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Syekh Subuh Palibelo
Desa : Belo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 085339132347
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:437
    Kemarin:1.329
    Total Pengunjung:335.689
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.131.145
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

 Daftar Nama KPM Penerima BLT DD Desa Belo tahun 2022

 Data Suplement