Artikel

Masyarakat Desa Belo Memulai Musim Tanam Dengan Do'a So Bersama

02 Desember 2023 10:52:40  Administrator  231 Kali Dibaca  Berita Desa

wartadesabelopalibelo-Kegiatan musim tanam akan segera dimulai. Musim hujan sudah menunjukkan tanda-tandanya sehingga aktivitas dibidang pertanian akan segera dimulai. Pemerintah Desa Belo bersama Cepe Lebe Desa Belo, BPD, pemuka agama, pemuka masyarakat serta masyarakat desa Belo sepakat untuk melakukan Do'a So pertanda akan dimulainya kegiatan pertanian pada musim tanam tahun ini. 

Kegiatan yang dipusatkan di So Nggaro Guru Hima Desa Belo pada hari ini Sabtu (2/12/2023) diawali dengan Penancapan/penggalian tanah (Leka Dana) oleh Cepe Lebe diiringi dengan takbir dan shalawat secara bersama. Setelah itu ada pemotongan ayam dan dilanjutkan dengan do'a bersama yang dipimpin oleh salah seorang tokoh agama di Desa Belo.

"Do'a So (Leka Dana) adalah upaya ikhtiar dan do'a yang dilakukan untuk mengawali musim tanam setiap tahunnya, tentunya dengan harapan agar hasil pertanian nanti mendapatkan keberkahan dan dijauhkan dari segala keburukan, bala dan bencana" tandas Akhmad Fansuri Kades Belo.

Senada dengan apa yang disampaikan Kades Belo bahwa Cepe Lebe Desa Belo Ariyansah, SH juga menekankan bahwa Do'a So ini adalah bagian dari ikhtiar bersama mengharap Rahmat dan Ridho Allah SWT mudah-mudahan ada keberkahan dari apa yang kita usahakan nantinya.

Setelah dilakukannya Do'a So maka masyarakat Desa Belo sudah bisa memulai aktivitas untuk awal tanam mulai dari mengolah tanah pertanian sampai pada tahap-tahap selanjutnya. Ada satu keyakinan yang dipercayai oleh masyarakat Desa Belo apabila belum dilakukan Do'a So (Leka Dana) oleh Cepe Lebe, Pemerintah Desa dan Masyarakat maka kegiatan pertanian tidak mendapatkan berkah.

"Kami percaya kalau sudah Do'a So maka kami akan mulai aktivitas untuk musim tanam tahun ini dan insya Allah hasil pertanian nanti akan berkah dan tentunya kami mendapatkan perlindungan dari Allah SWT" ungkap Akarim salah seorang petani yang ikut pada acara do'a So tersebut.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 PETA DESA

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

kabupaten Bima
media kabardesa ntb bima satu data
media sekilas info
media tujuh detik

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Syekh Subuh Palibelo
Desa : Belo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 085339132347
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:977
    Kemarin:570
    Total Pengunjung:334.900
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.174.251
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

 Daftar Nama KPM Penerima BLT DD Desa Belo tahun 2022

 Data Suplement