Artikel

Implementasi Hasil StudyTiru, Pemdes Belo Konsentrasi Layanan dan Informasi Menggunakan OpenSID

10 Juni 2024 22:59:32  Administrator  278 Kali Dibaca  Berita Desa

wartadesabelopalibelo-Beberapa hari pasca Pemdes Belo Palibelo yang diwakili Kades Belo Akhmad Fansuri dan Sekdes Belo Ahmad Ahamid, S.Sos melakukan Study Tiru tentang Penerapan Sistim Informasi Desa (SID) di pulau Seribu Mesjid Lombok, kini Pemdes Belo berkomitmen untuk menjadikan OpenSID sebagai sebuah aplikasi layanan dan informasi bagi Pemerintah Desa Belo dalam melakukan tata kelola pemerintahan yang baik.

Implementasi hasil Study Tiru Penerapan SID untuk tata kelola pemerintahan desa mulai dilakukan di Desa Belo Kecamatan Palibelo. Penyempurnaan dimulai dari pengkajian tentang regulasi SID, penganggaran, kesiapan operator dan penguatan data manual untuk diinput melalui SID. Semua fitur yang ada mulai dari data kependudukan, data pembangunan, data administrasi desa, data tanah serta peta desa mulai digarap dengan sungguh-sungguh. Penguatan kapasitas Operator SID juga akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Kami ingin semua layanan baik surat-surat maupun administrasi lainnya harus melalui Aplikasi SID, sehingga Website Desa terus kami perkuat untuk dijadikan Rumah Data untuk di Desa Belo" ungkap Akhmad Fansuri.

"Semua sistim layanan surat menyurat, Desa Belo telah beralih ke layanan yang ada dalam Website Desa sehingga dokumen surat dapat tersimpan secara digital disamping secara manual dan suratnya harus ada baracode pemerintah Desa" lanjutnya.

Progres lain yang sedang dikembangkan adalah pemanfaatan Peta Desa Geospasial untuk menjangkau tentang data Kepemilikan tanah, kependudukan dan data suplemen lainya untuk ditanam berbasis peta.

Disamping itu sistim aplikasi Pajak DHKP yang sedang disingkronisasikan sehingga dokumen pajak/DHKP tidak hanya ada dalam bentuk dokumen buku tetapi akan dikembangkan dalam dokumen digital melalui Open SID.

"Kami memang sedang menggapai menjadi Desa Cerdas dan Digitan untuk Kemandirian Desa Belo Kecamatan Palibelo" tutup Akhmad Fansuri

Camat Palibelo Muslim, S.Sos.M.Ap yang dikonfirmasi diruang kerjanya mengharapkan agar desa-desa yang lain di Palibelo bisa mengikuti jejak Desa Belo dan Tonggondoa yang telah menerapkan OpenSID sebagai basis layanan dan informasi di desa.

"Saya berharap desa-desa yang ada di Palibelo dapat menerapkan pemanfaatan SID sebagai basis layanan dan Informasi seperti di Desa Belo sehingga mempermudah layanan bagi masyarakat dan Pemerintahan Desa" tandas Muslim, S.Sos.M.Ap

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 PETA DESA

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

kabupaten Bima
media kabardesa ntb bima satu data
media sekilas info
media tujuh detik

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Syekh Subuh Palibelo
Desa : Belo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 085339132347
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.013
    Kemarin:570
    Total Pengunjung:334.936
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:162.158.78.194
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

 Daftar Nama KPM Penerima BLT DD Desa Belo tahun 2022

 Data Suplement