Artikel

Wakil Bupati Bima Buka Rapat Konsultasi dan Sosialisasi RTD Bendungan di Kabupaten Bima

24 Oktober 2023 16:14:43  Administrator  150 Kali Dibaca  Berita Desa

warradesabelopalibelo-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I Satuan Kerja Operasi dan Pemerilaharaan SDA Nusa Tenggara IV melalui Sekretariat Daerah Kabupaten Bima menggelar Kegiatan Konsultasi dan Sosialisasi Rencana Tindak Darurat (RTD) Bendungan Kowo dan Bendungan Ncera Kabupaten Bima yang dilaksanakan hari ini Selasa (24/10/2023) bertempat di Aula Pertemuan Kantor Bupati Bima.

Kegiatan sebagai Uji Publik sekaligus Konsultasi dan Sosialisasi RTD Bendungan di Kabupaten Bima ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Nor, M.Si. Hadir juga dalam acara tersebut Sekda Bima, Tenaga Ahli Bupati Bima, Dandim Bima, Kapolres Bima, Camat Palibelo, Woha, Belo dan Sape, Kepala BPBD kabupaten Bima, Danposramil Belo, Palibelo, Woha, Sape serta beberapa Kades di wilayah imbas alir Bendungan Kowo dan Ncera.

Bupati Bima yang diwakili Wakil Bupati Bima dalam sambutannya menegaskan pentingnya sinergitas semua pihak dalam menentukan Rencana Tindak Darurat (RTD) dalam mengatasi kebencanaan.

"Penting buat kita untuk memperkuat sinergitas baik ditingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa dan masyarakat dalam meningkatkan kewaspadaan melalui Rencana Tindak Darurat (RTD) terhadap pembangunan, pemeliharaan dan pemanfaatan Bendungan di Kabupaten Bima khususnya Bendungan Kowo dan Ncera" ungkap Drs. H. Dahlan M. Nor, M.Si.

Lebih jauh beliau juga menekankan bahwa Konsultasi dan Sosialisasi RTD merupakan wadah untuk rangkaian penyusunan RTD dan memberikan masukan untuk kesempurnaan dokumen RTD.

Dalam penyampaian materi oleh TIM dari BWS Nusa Tenggara I memaparkan tentang definisi, maksud dan tujuan, lingkup RTD serta Outline Dokumen RTD Bendungan Ncera dan Bendungan Kowo di Kabupaten Bima.

Dalam kajian tekhnis terhadap kedua bendungan tersebut masih dalam keadaan aman hanya saja ada beberapa perbaikan dan penyempurnaan untuk memastikan Bendungan agar bisa aman dari Peluapan (Overtopping) yang bisa berakibat bendungan runtuh serta Rembesan (Piping). Dijelaskan juga tentang empat tingkatan indikasi bendungan terdiri dari Indikasi Teknis lebih mengarah kepada Waspada I dan Indikasi Darurat mengarah kepada Waspada II, Siaga dan Awas. Terhadap kondisi tersebut disampaikan juga tentang Area terdampak potensi banjir akibat keruntuhan bendungan serta pemberitahuan kondisi Darurat dan Pengamanan Wilayah Hilir dengan menekankan fungsi dan tugas dalam mengantisipasi keadaan darurat. Demi terarahnya RTD juga dikupas tentan Bagan Alir Laporan dan Pemberitahuan Kondisi Waspada I dan II .

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 PETA DESA

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

kabupaten Bima
media kabardesa ntb bima satu data
media sekilas info
media tujuh detik

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Syekh Subuh Palibelo
Desa : Belo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 085339132347
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:938
    Kemarin:570
    Total Pengunjung:334.861
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.68.245.94
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

 Daftar Nama KPM Penerima BLT DD Desa Belo tahun 2022

 Data Suplement