Artikel

Atasi Kekurangan Air Bersih, Pemdes Belo Dorong KP-SPAM Perbaiki Tata Kelola Air

16 Oktober 2023 17:42:04  Administrator  233 Kali Dibaca  Berita Desa

wartadesabelopalibelo-Musim kemarau ditahun 2023 semakin terasa dengan kondisi cuaca yang panas terlebih dengan terjadinya kekurangan cadangan air tanah. Masyarakat desa Belo Kecamatan Palibelo dalam memenuhi kebutuhan air bersih mengandalkan air dari sumur bor pribadi maupun air yang dikelola KP-SPAM Desa Belo. Kebutuhan air bersih masyarakat tidak seimbang dengan ketersediaan cadangan air bor tanah yang semakin hari semakin berkurang akibat kekeringan. Pemerintah Desa Belo Kecamatan Palibelo mengambil langkah-langkah perbaikan tatakelola KP-SPAM Desa Belo untuk mengatur supaya ketersediaan air bersih untuk 150 KK penerima manfaat dapat dinikmati secara merata. Rapat evaluasi tatakelola air KP-SPAM digelar di aula kantor Desa Belo Kecamatan Palibelo pada hari ini Senin (16/10/2023) dengan dihadiri Kepala Desa Belo dan Perangkat, BPD, Babinsa , Bhabinkamtibmas, Babintribum, LPMD, Pengurus KP-SPAM, masyarakat penerima manfaat.

Akhmad Fansuri Kades Belo dalam arahannya agar Pengurus KP-SPAM Desa Belo dapat melakukan evaluasi terhadap pemanfaatan air termasuk melaporkan beberapa kendala sehingga ada beberapa masyarakat kurang mendapatkan layanan air bersih dari KP-SPAM.

"Mari kita evaluasi tatakelola penggunaan air bersih ini sehingga kebutuhan air masyarakat betul-betul bisa terpenuhi dengan baik, untuk beban biaya dalam perbaikan jaringan air KP-SPAM Desa Belo Insya Allah kami akan akomodir dalam APBDes Perubahan 2023" tandas Akhmad Fansuri.

KP-SPAM Desa Belo Kecamatan Palibelo telah melayani kebutuhan air bersih warga sejak tahun 2020 dan ditahun 2023 ini melayani pelanggan sebanyak 150 KK/pelanggan.

"Beberapa kendala dalam pengaturan tatakelola air bersih ini adalah menurunnya ketersediaan air tanah yang keluar dari mesin pompa bor, jaringan pembagi air yang belum sempurna serta kesadaran masyarakat pengguna agar bisa memanfaatkan air perlu disoaialisikan lagi" ungkap M. Yusuf, SH. Ketua KP-SPAM Desa Belo.

Dalam kesimpulannya Pemdes Belo melalui KP-SPAM Desa Belo akan segera melakukan penertiban dan perbaikan jalur pembagi jaringan air melalui alokasi Dana Desa pada Perubahan APBDes 2023 serta mengaktifkan meterkran yang sudah terpasang untuk penentuan beban bayar air serta terus melakukan sosialisasi tentang pengunaan air bersih dengan sama-sama menjaga keberlanjutan pemanfaatan air bersih melalui KP-SPAM Desa Belo.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 PETA DESA

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

kabupaten Bima
media kabardesa ntb bima satu data
media sekilas info
media tujuh detik

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Syekh Subuh Palibelo
Desa : Belo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 085339132347
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:998
    Kemarin:570
    Total Pengunjung:334.921
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.43.214
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

 Daftar Nama KPM Penerima BLT DD Desa Belo tahun 2022

 Data Suplement