Artikel

SOSIALISASI UU PERLINDUNGAN ANAK SEKALIGUS KUKUHKAN FORUM ANAK DAN PATBM DALAM MENDUKUNG DRPPA

19 Oktober 2022 18:38:34  Administrator  209 Kali Dibaca  Program Kerja

Desa Belo Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima sebagai Desa Pioner untuk Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Kabupaten Bima, menggelar kegiatan Sosialisasi Undang-undang Perlindungan Anak yang dihadiri oleh DP3AP2KB Kab. Bima, LPA Kabupaten Bima, Camat Palibelo, BPD, PKK, Forum Anak Desa, PATBM dan unsur masyarakat lainnya. Kegiatan yang dihelat di Aula Kantor Desa Belo pada hari Rabu, 19 Oktober 2022 mendapat sambutan antusias dari peserta yang hadir.

Desa Belo Palibelo dibawah kepemimpinan Akhmad Fansuri dalam mendukung program pemerintah dalam perlindungan perempuan dan anak serta utamanya mendukung Kabupaten Bima sebagai Kabupaten Layak Anak telah mendapatkan penghargaan atas prestasinya. Diantaranya adalah sebagai satu-satunya Desa Pioner (percontohan) untuk DRPPA di Kabupaten Bima dan 15 Desa Rintisan sesuai dengan Keputusan Bupati Bima. Disamping itu Desa Belo mendapatkan kesempatan untuk melakukan Study Banding pada Kegiatan DRPPA oleh LPA NTB dan Unicef For Children di 3 Kabupaten/Kota di Pulau Lombok serta Penghargaan oleh Gubernur NTB atas dedikasi dalam mewujudkan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak dalam mewujudkan Kabupaten/Kota dan Provinsi NTB Layak Anak.

Camat Palibelo Drs. Darwis menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Desa Belo Kecamatan Palibelo atas upaya-upaya yang dilakukan sehingga Desa Belo mendapatkan penghargaan itu.

"Desa Belo-Palibelo adalah desa contoh bagi desa-desa yang lainnya di Palibelo bahkan di Kabupaten Bima agar bisa memperjuangkan hak-hak perempuan dan anak sehingga menjadi desa yang Ramah Perempuan dan Peduli Anak" ungkap Drs Darwis dalam sambutannya sembari membuka secara resmi kegiatan sosialisasi Undang-Undang Perlindungan Anak.

Dalam kesempatan itu Kepala Desa Belo Kecamatan Palibelo mengukuhkan keberadaan Forum Anak Desa dan Pokja Perlindungan Anak Berbasis Masyarakat (PATBM) Desa Belo dalam mendukung DRPPA di Desa Belo 

"Kami sudah menetapkan Forum Anak Desa dan PATBM Desa Belo tentunya untuk membantu pemerintah desa Belo dalam mengawal dan memperjuangkan hak-hak perempuan dan anak yang ada di Desa Belo" ungkap Kades Belo Akhmad Fansuri 

LPA Kabupaten Bima yang diwakili oleh Ir. Hj. Juhda dalam paparannya kaitan dengan perlindungan anak sangat berharap kerjasama semua pihak untuk bisa bersinergi dalam memastikan tentang keterpenuhan hak-hak anak dalam menjamin kepastian hukum untuk mendukung Kabupaten Bima sebagai Kabupaten Layak Anak.

Senada dengan hal tersebut DP3AP2KB Kabupaten Bima yang diwakili oleh Hj. Raodah SST.Gz, M.Kes Kabid PA mengurai tentang hak-hak anak yang harus dipenuhi sesuai dengan Undang-undang Perlindungan Anak UU No 23 Tahun 2002 yang diubah menjadi UU No 35 Tahun 2014.

"32 Hak Anak yang Wajib Dipenuhi seperti yang tertuang dalam UU No 35 Tahun 2014 diantaranya adalah Anak berhak untuk:

1. Hidup, tumbuh dan berkembang

2. Bermain

3. Berekreasi (piknik/wisata)

4. Berkreasi

5. Beristirahat

6. Memanfaatkan waktu luang

7. Berpartisipasi

8. Bergaul dengan anak sebayanya

9. Menyatakan dan didengar pendapatnya

10. Dibesarkan dan diasuh orangtua kandungnya sendiri

11. Berhubungan dengan orangtuanya bila terpisahkan

12. Beribadah menurut agamanya" ungkap Kabid PA DP3AP2KB Kab. Bima yang biasa disapa Umi Raodah.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama dengan RTL akan melakukan diskusi lanjutan tentang Rencana Kerja Forum Anak Desa dan PATBM Desa Belo

red.@f

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 PETA DESA

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

kabupaten Bima
media kabardesa ntb bima satu data
media sekilas info
media tujuh detik

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Syekh Subuh Palibelo
Desa : Belo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 085339132347
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:979
    Kemarin:570
    Total Pengunjung:334.902
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.68.245.94
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

 Daftar Nama KPM Penerima BLT DD Desa Belo tahun 2022

 Data Suplement