Artikel

KANTOR DESA BELO JEBOL DIHANTAM BANJIR GUNUNG

18 Desember 2021 20:33:15  Administrator  221 Kali Dibaca 

Hujan yang sangat lebat mengguyur Wilayah Kabupaten Bima secara keseluruhan, tidak terlepas Desa Belo Kecamatan Palibelo juga ikut diguyur lebatnya hujan. Hujan dengan intensitas tinggi dan lama yaitu dari pukul 13.30 Wita - 15.30 Wita menyebabkan luapan air digunung sehingga menyebabkan jebolnya Kantor Desa Belo. Kejadian robohnya Kantor Desa Belo tersebut terjadi pada hari ini Sabtu, 18 Desember 2021 sekitar pukul 17.00 wita dengan ketinggian air dalam ruangan Kepala Desa setinggi 1,5 Meter. Akibat rendaman ini sejumlah dokumen surat-surat dan dokumen penting lainnya, Meja, Kursi, Lemari, Printer, LCD dan barang-barang lainnya rusak akibat rendaman air tersebut. Disamping itu seluruh ruangan juga terendam akibat luapan air dari ruangan Kades yang jebol. Diperkira kerugian puluhan juta akibat jebolnya ruangan tersebut.

"Saya ditelpon sama warga karena melihat air meluap dari dalam kantor desa dan saat itu saya sedang bersama warga di RT 01 Uma Me'e memantau perkembangan banjir yang juga meluap diwilayah RT. 01" ungkap Kades Belo sembari melihat keadaan ruangan yang jebol.

"Bangunan kantor Desa Belo terutama dibelakang memang termasuk bangunan yang lama dan kadang sering bocor pada dindingnya saat hujan lebat sehingga dengan derasnya air dari gunung yang menghantam bangunan itu sehingga menyebabkan jebol" lanjut Akhmad Fansuri sembari mencoba memberesi berkas yang masih bisa diamankan.

Disisi lain luapan air gunung juga merendam 9 rumah warga di RT. 01 dengan ketinggian air sepaha orang dewasa. Hal ini diakibatkan saluran drainase yang buruk termasuk tidak tersedianya jalur untuk keluarnya air di depan Bandara M. Salahuddin Bima memperparah tergenangnya air.

"Langkah yang kami ambil adalah dengan berkoordinasi dengan Pihak Bandara M.Salahuddin untuk membuka akses jalur air depan Bandara untuk dibuatkan parit menuju sungai Belo dan Alhamdulilah genangan air di RT. 01 mulai surut" lanjut Kades Belo sembari mengarahkan pembukaan parit dengan memakai alat berat.

Aipda I Komang Sika, SH selaku Babinkamtibmas Desa Belo dibantu juga oleh masyarakat ikut membantu warga yang tergenang termasuk membantu saat mengarahkan penggalian parit untuk pengalihan genangan air di wilayah RT. 01 Desa Belo

red.@f 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 PETA DESA

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

kabupaten Bima
media kabardesa ntb bima satu data
media sekilas info
media tujuh detik

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Syekh Subuh Palibelo
Desa : Belo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 085339132347
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:342
    Kemarin:1.329
    Total Pengunjung:335.594
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.100.152
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

 Daftar Nama KPM Penerima BLT DD Desa Belo tahun 2022

 Data Suplement